Bahan Ajar Berbasis App Inventor (FLUIDA DINAMIS-HUKUM BERNOULLI)
BAHAN AJAR BERBASIS APP INVENTOR
(FLUIDA DINAMIS-HUKUM BERNOULLI)
✅ Tahapan Pembuatan Bahan Ajar
Digital di App Inventor
(Studi kasus: Aplikasi "Fluida Dinamis")
1. Analisis Kebutuhan
- Tujuan:
Membuat media pembelajaran interaktif tentang materi Fluida Dinamis
untuk siswa SMA atau mahasiswa awal.
- Sasaran
pengguna: Pelajar yang ingin memahami konsep dasar fluida dinamis
secara visual dan interaktif.
- Kebutuhan
konten:
- Penjelasan
teori
- Gambar
atau ilustrasi
- Contoh
soal
- Kuis
interaktif
2. Perancangan
- Desain
Antarmuka (UI):
- Halaman
utama (berisi tombol navigasi)
- Halaman
materi
- Halaman
kuis
- Halaman
evaluasi
- Perencanaan
Navigasi: Gunakan tombol untuk berpindah antar screen (open another
screen).
- Perangkat
yang digunakan:
- Komponen
Label, Button, Image, Notifier, dan WebViewer.
- Komponen
TinyDB (jika ada skor yang disimpan).
- Komponen
kuis dengan Textbox, Label, dan Button.
3. Implementasi di App Inventor
- Mengatur
Komponen (Designer Tab):
- Tambahkan
komponen UI sesuai desain halaman.
- Unggah
media pendukung seperti gambar dan audio jika perlu.
- Pemrograman
Interaktif (Blocks Tab):
- Tambahkan
logika menggunakan blok:
- Navigasi
antar halaman
- Logika
penilaian kuis
- Validasi
input pengguna
- Memberi
umpan balik (Benar/Salah)
4. Pengujian (Testing)
- Gunakan
aplikasi MIT AI2 Companion di HP untuk mengecek tampilan dan
fungsi.
- Perhatikan:
- Apakah
tombol bekerja?
- Apakah
kuis menampilkan nilai?
- Apakah
desain rapi di layar HP?
5. Penyempurnaan
- Perbaiki
kesalahan tampilan atau fungsi berdasarkan hasil uji coba.
- Rapikan
tampilan agar menarik secara visual (warna, ukuran teks, tata letak).
6. Publikasi
- Bangun
aplikasi menjadi file .apk (Build → App → Save .apk).
- Bagikan
file ke siswa melalui Google Drive, WhatsApp, atau bisa juga diunggah ke
PlayStore (jika ingin lebih lanjut).
🎨 Konten Gambar/Media
dalam Aplikasi:
Dari folder assets/, tampak bahwa aplikasi menggunakan
berbagai gambar pendukung, seperti:
- Materi
dan ilustrasi: materi1.png, materi2.png, ..., rumus.jpg
- Navigasi
& UI: iconmenu.jpg, iconnext.jpg, iconstart.jpg
- Cover
dan latar belakang: coverfluidadinamis(prinsipbernoulli).png, backgroundvideobernoulli.png,
dll.
- Penilaian:
Assesmentbernoulli.png, assesment.jpg
Ini menunjukkan bahwa aplikasimu punya visual yang cukup
lengkap dan terbagi dalam beberapa layar (screen).
Langkah berikutnya adalah menampilkan dan menjelaskan isi
dari setiap Screen dan Block logic yang kamu gunakan (navigasi,
kuis, dsb). Aku akan periksa file .bky dan .scm (kode blok dan desain screen)
untuk membuat diagram alur aplikasi dan penjelasan tiap bagiannya.
Dalam proyek App Inventor kamu, ditemukan 15 screen
dengan file .bky (blok program) dan .scm (desain tampilan). Berikut adalah
daftarnya:
📱 Daftar Screen Aplikasi
"Fluida Dinamis"
- Screen1
– Halaman pembuka
- Menu
– Navigasi utama ke materi, kuis, video, dll
- Materi1
– Materi awal fluida dinamis
- Materi2
– Lanjutan materi
- Materi3
- Materi4
- ContohSoal
– Contoh soal
- SolusiContohSoal
– Pembahasan soal
- Rumus
– Rumus penting
- Video
– Halaman video pembelajaran
- Assesment
– Kuis/ujian
- Score
– Menampilkan skor hasil kuis
- TentangPembuat
– Profil pembuat
- materisoon
– (Kemungkinan placeholder untuk materi selanjutnya)
- kosong
– (Kemungkinan screen kosong atau tidak digunakan)
Comments
Post a Comment