Bahan Ajar Berbasis App Inventor (FLUIDA DINAMIS-HUKUM BERNOULLI)

 

BAHAN AJAR BERBASIS APP INVENTOR

(FLUIDA DINAMIS-HUKUM BERNOULLI)


✅ Tahapan Pembuatan Bahan Ajar Digital di App Inventor

(Studi kasus: Aplikasi "Fluida Dinamis")


1. Analisis Kebutuhan

  • Tujuan: Membuat media pembelajaran interaktif tentang materi Fluida Dinamis untuk siswa SMA atau mahasiswa awal.
  • Sasaran pengguna: Pelajar yang ingin memahami konsep dasar fluida dinamis secara visual dan interaktif.
  • Kebutuhan konten:
    • Penjelasan teori
    • Gambar atau ilustrasi
    • Contoh soal
    • Kuis interaktif

2. Perancangan

  • Desain Antarmuka (UI):
    • Halaman utama (berisi tombol navigasi)
    • Halaman materi
    • Halaman kuis
    • Halaman evaluasi
  • Perencanaan Navigasi: Gunakan tombol untuk berpindah antar screen (open another screen).
  • Perangkat yang digunakan:
    • Komponen Label, Button, Image, Notifier, dan WebViewer.
    • Komponen TinyDB (jika ada skor yang disimpan).
    • Komponen kuis dengan Textbox, Label, dan Button.

3. Implementasi di App Inventor

  • Mengatur Komponen (Designer Tab):
    • Tambahkan komponen UI sesuai desain halaman.
    • Unggah media pendukung seperti gambar dan audio jika perlu.
  • Pemrograman Interaktif (Blocks Tab):
    • Tambahkan logika menggunakan blok:
      • Navigasi antar halaman
      • Logika penilaian kuis
      • Validasi input pengguna
      • Memberi umpan balik (Benar/Salah)

4. Pengujian (Testing)

  • Gunakan aplikasi MIT AI2 Companion di HP untuk mengecek tampilan dan fungsi.
  • Perhatikan:
    • Apakah tombol bekerja?
    • Apakah kuis menampilkan nilai?
    • Apakah desain rapi di layar HP?

5. Penyempurnaan

  • Perbaiki kesalahan tampilan atau fungsi berdasarkan hasil uji coba.
  • Rapikan tampilan agar menarik secara visual (warna, ukuran teks, tata letak).

6. Publikasi

  • Bangun aplikasi menjadi file .apk (Build → App → Save .apk).
  • Bagikan file ke siswa melalui Google Drive, WhatsApp, atau bisa juga diunggah ke PlayStore (jika ingin lebih lanjut).

🎨 Konten Gambar/Media dalam Aplikasi:

Dari folder assets/, tampak bahwa aplikasi menggunakan berbagai gambar pendukung, seperti:

  • Materi dan ilustrasi: materi1.png, materi2.png, ..., rumus.jpg
  • Navigasi & UI: iconmenu.jpg, iconnext.jpg, iconstart.jpg
  • Cover dan latar belakang: coverfluidadinamis(prinsipbernoulli).png, backgroundvideobernoulli.png, dll.
  • Penilaian: Assesmentbernoulli.png, assesment.jpg

Ini menunjukkan bahwa aplikasimu punya visual yang cukup lengkap dan terbagi dalam beberapa layar (screen).

Langkah berikutnya adalah menampilkan dan menjelaskan isi dari setiap Screen dan Block logic yang kamu gunakan (navigasi, kuis, dsb). Aku akan periksa file .bky dan .scm (kode blok dan desain screen) untuk membuat diagram alur aplikasi dan penjelasan tiap bagiannya.

Dalam proyek App Inventor kamu, ditemukan 15 screen dengan file .bky (blok program) dan .scm (desain tampilan). Berikut adalah daftarnya:


📱 Daftar Screen Aplikasi "Fluida Dinamis"

  1. Screen1 – Halaman pembuka
  2. Menu – Navigasi utama ke materi, kuis, video, dll
  3. Materi1 – Materi awal fluida dinamis
  4. Materi2 – Lanjutan materi
  5. Materi3
  6. Materi4
  7. ContohSoal – Contoh soal
  8. SolusiContohSoal – Pembahasan soal
  9. Rumus – Rumus penting
  10. Video – Halaman video pembelajaran
  11. Assesment – Kuis/ujian
  12. Score – Menampilkan skor hasil kuis
  13. TentangPembuat – Profil pembuat
  14. materisoon – (Kemungkinan placeholder untuk materi selanjutnya)
  15. kosong – (Kemungkinan screen kosong atau tidak digunakan)

 

Comments

Popular posts from this blog

Flowchart Fluida Dinamis

Storyline App Inventor Fulida Dinamis

Contoh Matriks Determinan 4 x 4